Welcome to my blog, semoga kamu mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari blog ini. Amin..hope you enjoy reading..
RSS

sekolahku

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Kamis, 22 Januari 2009

YUK ......MEMBUAT SHIORI





bahan yang diperlukan

1. kertas chirimen washi /chiogami untuk badan ukuran 6 x 4.5 cm
2. kertas chirimen/chiogami untuk bagian bawah ukuran 4.5 x 2.5 cm
3. kertas chirimen lain warna bila diperlukan
4. kertas karton putih/ kalau ngga ada bisa pake bekas dus nasi ( nasi kotak )
5. kertas karton warna terserah untuk dasar shiory disini saya gunakan karton warna hitam
6. pita
7. lem
8. gunting
9. kertas kreft hitam secykupnya untuk rambut
10. pembolong kertas,penggaris,jangka ( uang logam 50rupiah atau uang logam dengan diameter 1.5cm )
11. dll

cara membuat

membuat rok dengan cara melipat kertas washi untuk bagian bawah



buatlah badan boneka dengan kertas karton seperti gambar ( pentul korek hehehheheh ) badan ukuran 0.5 x 4.5cm,sedangkan kepala diameter 1.5cm, letakan badan pas ditengah2 ,sehingga seperti memakai rok






memakaikan kimono, letakan kertas kimono ditengah2 boneka dan lipat kearah dalam bersilangan , kemudian lipat bagian yang menjulur dibelakangnya seperti gambar,lakukan kedua sisinya sehingga nampak seperti gambar



hiasilah kepala boneka wash dengan kertas kreft hitam, bubuhkan pita diatasnya bisa dengan sisa guntingan kertas washi warna yg sama atau yg lain , potonglah karton dengan ukuran yang anda sukai, kemudian hiasi potongan karton tersebut dengan spidol /pensil warna dll, lubangi ujungnya dengan pembolong kertas , ikatlah pita dilubang tersebut,kemudian tempelkan boneka yang kita buat di kertas pembatas buku. anda bisa membuat berbagai variasi dengan menggunakan berbagai warna kertas washi.bagaimana anada tertarik membuatnya?

selamat mencoba



Read More..

Membuat kerajinan tangan dari sampah kertas

for everyone

Selama ini, kita seringkali membuang secara percuma sampah - sampah kertas yang sudah tidak terpakai lagi. Padahal, seharusnya jika kita memanfaatkannya dengan baik, kertas - kertas itu dapat berubah menjadi suatu kerajinan tangan unik dan menarik.


Caranya secara garis besar adalah sebagai berikut :

1. Siapkan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai itu.

2. Sobek menjadi bagian - bagian kecil.

3. Campurkan dengan air secukupnya dan blender sampai halus. (Jika tidak diblender, juga bisa dengan menumbuk sendiri)

4. Jika sudah selesai, campurkan dengan lem PVA, aduk merata

5. Bentuk bubur kertas itu sesuai keinginan.

6. Tunggulah sampai kering.

7. Jika sudah kering, beri warna dengan menggunakan cat minyak, cat akrilik, cat emulsi, ataupun cat poster. Akan tetapi, biasanya yang terbaik adalah cat akrilik karena cepat kering dan warnanya bagus.

8. Tunggu sampai kering, lalu lapisi dengan vernis agar mengkilap.

9. Jadilah kerajinan tangan buatanmu sendiri.

Tips : jika ingin bentuknya rapi, gunakan cetakan untuk membuatnya. Bisa memakai cetakan puding.
Tags: bubur kertas
Read More..

buku Bahasa Indonesia

mau buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI gratis? klik di sini Read More..
nie nih... Foto-foto kegiatan anak2 SMABOY.

Sebelumnya kita harus terima kasih dulu neh.. ma temen temen pengelola smaboyville coz foto2 nie Qt panen dari situsnya. alias maling gitu... hehehe........
http://www.rockyou.com/show_my_gallery2.php?instanceid=131246365
Read More..

Kamis, 15 Januari 2009

Did u know...???

Dalam bahasa Jawa, dog disebut "asu". Kiranya jauh berbeda dengan kuyu.
Tetapi kata "asu" ini mungkin ada kaitannya dengan bahasa Jepang kuno.
Dalam bahasa Jepang, otter disebut "kawauso" atau "kawaoso".
"Kawa" artinya sungai, "uso" "oso" artinya anjing dalam bahasa Jepang kuno.
Kata "uso" atau "oso" ini mungkin asal dari "asu". (kalau tidak salah, dalam
proto-Austronesia juga anjing disebut "asu".)
Tafsir tentang "uso" "oso" ini diajukan beberapa pakar ilmu bahasa perbandingan
Jepang misalnya prof. SAKIYAMA Osamu (Museum Ethnologi Nasional) atau
almarhum prof. MURAYAMA Shichiro. Tetapi hipotesis bahwa bahasa Jepang ada
kaitannya dengan bahasa Austronesia belum ketemu buktinya dari bidang
arkeologi. Misalnya belum pernah ketemu outrigger di Jepang.
Alat ceramic Jomon ada kaitannya dengan alat ceramic Lapita? Belum ketemu
buktinya. Peter Bellwood juga tidak mengakui kaitannya antara bahasa Jepang
dengan bahasa Austronesia. Bagaimana pendapat anggota milis ini?
Read More..

Sistem pendidikan Jepang

Hampir sama dengan Indonesia. Pertama, Sho^ gakko^ (SD), ada 6 kelas dari kelas satu sampai enam. Anak umur 6 tahun harus masuk SD kalas satu. Di Jepang pelajaran/semester baru mulai pada bulan April. Hal ini sama dari SD sampai universitas. Bulan April itu musim menjadi hangat, berbunga Sakura. Setiap tahun, anak umur 6 masuk SD disambut bunga sakura. Biasanya di sekolah ada pohon Sakura. Mereka tamat pada umurnya 12.
Akhir ini ada mata pelajaran komputer juga. Fasilitasnya sudah ada, sudah dilengkapi komputer. Tetapi guru SD masih ada banyak yang tidak bisa pakai komputer. Sekarang ini menjadi masalah.
Kedua, Chu^ gakko^ (SMP). ada 3 kelas dari kelas satu sampai tiga. Muridnya umur 12 sampai 15. SD dan SMP pendidikan wajib. Tetapi, sebagian besar murid yang tamat SMP naik SMA.
ketiga, Ko^to^ gakko^(SMA). ada 3 kelas dari kelas satu sampai tiga. Muridnya umur 15 sampai 18. SMA itu ada macam-macam. SMA kesenian, SMA teknologi, SMA pertanian, SMA perikanan, SMA perdagangan, dll.
kemudian, ada Daigaku (unversitas) atau Tanki Daigaku (junior college). Daigaku ada 4 kelas (terdiri dari 8 semester) dan Tanki Daigaku 2 kelas (terdiri dari 4 semester)
(Mungkin Tanki Daigaku ini sama dengan diploma 2 di Indonesia. Tanki Daigaku juga 2 tahun.)
Untuk lulus ujian masuk universitas yang berkualitas agak susah. Kalau gagal ujian masuk, satu atau dua tahun belajar lagi untuk lulus. (ujian masuk 1 tahun 1 kali saja.)
Di Jepang juga ada semacam UMPTN. Untuk masuk universitas negeri, harus ikut ujian ini.
(Memang untuk S2 dan S3 tidak ada semacam UMPTN)
Biaya sekolah universitas swasta dua kali atau tiga kali lebih mahal daripada negeri. Universitas swasta, fakultas natural science biaya sekolahnya lebih mahal daripada fakultas lain. Yang paling mahal fakultas kedoktoran. Universitas negeri tidak ada bedanya biayanya tergantung fakultas.

>Jumlah jam pelajaran rata-rata sekolah yang setingkat SMU/ high school?
>Kalau boleh saya cerita sedikit: di Indonesia anak yang berumur 16-18 tahun adalah anak usia >sekolah SMU.
>Kelas 1 dan 2 nya mereka mendapat 14 mata pelajaran dan waktu belajar mereka adalah
>sekitar 6.5 jam sehari, sekitar 40 jam seminggu ( hari Sabtu tidak libur) ditambah oleh mata
>pelajaran tambahan.

Pada umumnya, dari sebelum jam 9 pagi sampai sekitar sebelum jam 3 sore. Sesudah itu ada
"extracurricular activities" seperti olahraga, kesenian dll tergantung selera.
Waktu pelajarannya 1unit 45 menit. Satu hari 6 unit. Hari Sabtu 4 unit. Waktu istirahat dan makan siang kurang 1 jam.

>Ketika kelas 3 mereka dibagi oleh 3 jurusan: IPA( Natural science), IPS (social science), dan >Bahasa.
>Murid yang nilai mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi nya baik masuk IPA,
>sisanya masuk IPS. Jurusan Bahasa jarang diminati dan benar- benar jurusan buangan.
>Di IPA walau mata pelajarannya lebih sedikit ( hanya 10), jam pelajaran lebih banyak. waktu
>kelas 3 saya masuk sekolah jam 06:45 pagi dan selesai pukul 13:15 , istirahat hanya 0.5 jam. >Ini masih ditambah praktikum, responsi di siang hari sehingga bila di rata-rata satu hari saya >pulang jam 3 sore.

Di Jepang, pada kelas 3 dibagi 2 jurusan. Bunkei ( social science dan humane studies ) dan
Rikei ( natural science ) . Rikei itu sama dengan jurusan IPA. Tetapi, jam pelajarannya sama dengan Bunkei.

>Mungkin Mr juga dapat memberikan informasi kecenderungan murid-murid Jepang, apakah
>mereka lebih tertarik pada Natural science atau Social science saat ini?

Untuk dapat kerja dan gaji tinggi, lebih baik memilih Natural science. Tetapi mata pelajaran natural science susah. Jadi kebanyakannya memilih Social science. Mungkin ada faktor lain seperti pemuda Jepang kurang minat pada natural science karena terlalu maju teknologinya ?
Read More..

Kaomoji: buatan kreatif kebudayaan komputer Jepang

Di Jepang komputer sudah tersebar kepada hampir semua perusahaan dan 30% lebih rumah. Sekarang pengguna internet juga kira-kira 15 juta lebih orang ( penduduk Jepang sejumlahnya 120 juta jiwa ). Sebelum internet tersebar, komputer sudah dipakai untuk komunikasi. Dari akhir 1980-an, mulai sudah dipakai e-mail dan BBS, tetapi website belum dipakai untuk masyarakat umum. Pada saat itu komunikasi komputer terbatas antara langganan provider yang sama. Yaitu, langganan provider A bisa tukar-menukar e-mail dengan langganan lain provider A saja, tidak bisa mengirim/menerima e-mail untuk/dari langganan provider B. Langganan provider A mengisi/membaca BBS provider A saja, tidak bisa mengisi/membaca BBS provider lain.
Saat itu dibuat "kaomoji"dalam kalangan komunikasi komputer di Jepang. "Kao" artinya muka, wajah. "Moji " artinya aksara, huruf. Kaomoji ini sejenis "face mark", seperti =-( atau :-P atau :-).
Face mark ini buatan Amerika. Kaomoji buatan Jepang, menurut saya lebih baik daripada face mark Amerika. Karena face mark dibaringkan, susah untuk melihat. Tetapi kaomoji Jepang lurus normal saja.
Kaomoji Jepang mungkin lebih banyak daripada face mark Amerika. Misalnya: (Fontnya jangan pakai "bold". Lebih baik "Gothic" atau "Sans Serif". )
(^-^) (^_^) ( n_n )(senyum) (^0^) (^O^) (tertawa) (*_*) (@_@) (kaget)
(T_T) (i _ i) (nangis) (>_<) (aduh, sakit) (^_-) (wink) (u_u) (tidur)
m(_ _)m (mohon maaf. Tanda ini berarti bungkuk)
(^_^)/~ (selamat jalan) tanda ini /~ berarti melambai sapu tangan)
Masih ada banyak. Tetapi kebanyakannya dipakai font khusus untuk bahasa Jepang, jadi tidak punya font bahasa Jepang tidak bisa lihat. Kenapa berkembang begitu kaomoji di Jepang ? Sebabnya, di Jepang sangat berkembang komik ( dalam bahasa Jepang, "manga"). Sejak dulu dalam komik Jepang, perasaan digambarkan oleh tanda. Terutama komik lucu (seperti Doraemon) digambarkan dengan garis sederhana, sering dipakai tanda. Oleh karena itu tanda yang dipakai untuk mengambarkan perasaan sudah menjadi tradisi Jepang.
Sekarang saya juga bikin kaomoji baru.
d(^_^) (acungan jempol ) y(^_^) ( V sign )
Read More..

"Etos Kerja dan Budaya Kerja Bangsa Jepang"



● Masyarakat Jepang: masyarakat yang tidak peduli pada agama
Saya mulai dari ciri-ciri khusus masyarakat Jepang dibandingkan dengan masyarakat Indonesia. Perbedaan yang paling besar antara masyarakat Jepang dengan Indonesia adalah masyarakat Jepang tidak peduli pada agama.
Dalam undang-undang dasar Jepang, pemerintah tidak boleh ikut campur dalam urusan agama. Dilarang keras memakai anggaran negara untuk hal-hal agama.
(Dalam pasal 20 tertulis bahwa semua lembaga agama tidak boleh diberi hak istimewa dari negara dan tidak boleh melaksanakan kekuatan politik, negara dan instansinya tidak boleh melakukan kegiatan agama dan pendidikan agama tertentu. Dan dalam pasal 89 tertulis bahwa uang negara tidak boleh dipakai untuk lembaga agama. )
Maka di Jepang tidak ada ruangan untuk sembahyang seperti mushala di instansi negara (termasuk sekolah), tidak ada Departmen Agama, tidak ada sekolah agama negara (seperti IAIN di Indonesia).
Menurut beberapa penelitian, sekitar 70% orang Jepang menjawab tidak memeluk agama. Terutama, pemuda Jepang sangat tidak peduli agama. (Pada tahun 1996, mahasiswa yang mempercayai agama tertentu hanya 7.6%).
Orang Jepang tidak peduli orang lain agamanya apa, dan kalau dia mempercayai agama tertentu, biasanya dia tidak suka memamerkan agamanya sendiri. Orang Jepang tidak ikut campur urusan pribadi orang lain, dan masalah agama dianggap sebagai urusan pribadi.
Di Jepang pernah orang Kristen menjadi Perdana Menteri, namanya OHIRA Masayoshi, Masa jabatannya dari tahun 1978 sampai 1980. Memang jumlah orang Kristen cuma 1% dari penduduk Jepang, tapi sama sekali tidak menjadi masalah dan sama sekali tidak mempengaruhi kebijakannya. Hal itu tidak dikatakan karena toleransi pada agama, lebih tepat disebut karena ketidakpedulian orang Jepang pada agama. (Tetapi beberapa sekte tidak disukai banyak orang.)
(span class="fullpost")
● Etika orang Jepang tidak berdasar atas agama
Robert N Bellah, menerbitkan buku berjudul Tokugawa Religion: The Cultural Roots of Modern Japan (1957) menganalisis kemajuan Jepang berdasar teori Max Weber yaitu Die Protestantische Ethik und der "Geist" des Kapitalismus (1905), menjelaskan peranan nilai agama pramodern itu dalam proses modernisasi. Tetapi menurut saya teori Bellah ini sangat diragukan. Bellah mengatakan ajaran "Sekimon shingaku" (Ilmu moral oleh ISHIDA Baigan) itu memerankan sebagai etos untuk modernisasi ekonomi. Selain itu, ada yang menilai ajaran salah satu sekte Buddha Jepang Jodo Shinshu sebagai etos seperti Protestan. Tentu saja ajaran-ajaran itu mementingkan kerja keras, mirip dengan ajaran Puritanisme (memang Islam juga). Di Jepang modernisasi di dalam bidang ekonomi dilakukan oleh pemerintah Meiji. Ideologi pemerintah Jepang adalah Shinto versi negara. Jadi, teori Max Weber tidak bisa diterapkan kepada Jepang. Di Jepang tidak ada agama yang mendorong proses kapitalisme.
Jepang dipenuhi dengan porno, dilimpah dengan tempat judi, orang Jepang suka sekali minum minuman keras. Tetapi pada umumnya orang Jepang masih berdisiplin, bekerja keras, masyarakat Jepang sedikit korupsi, lebih makmur, tertib, efisien, bersih dan aman (setidak-tidaknya tidak terjadi konflik antar agama) daripada Indonesia. Bagi orang Jepang, porno, judi, minuman keras, semua hanya sarana hiburan saja untuk menghilangkan stres. Kebanyakan orang Jepang tidak sampai adiksi/kecanduan.
Kalau begitu, etika orang Jepang berdasar atas apa?

● Etika orang Jepang: etika demi komunitas
Etika orang Jepang itu, tujuan utamanya membentuk hubungan baik di dalam komunitas. Kebesaran komunitas bergantung pada situasi dan zaman. Negara, desa, keluarga, perusahaan, pabrik, kantor, sekolah, partai, kelompok agama, tim sepak bola dll, bentuknya apapun, orang Jepang mementingkan komunitas termasuk diri sendiri. Sesudah Restorasi Meiji, pemerintah Meiji sangat menekankan kesetiaan pada negara. Sesudah perang dunia kedua, objek kesetiaan orang Jepang beralih pada perusahaan.
Tindakan pribadi dinilai oleh mendorong atau merusak rukun komunitas. Maka misalnya minum minuman keras juga tidak dimasalahkan, bahkan minum bersama diwajibkan untuk mendorong rukun komunitas.
Ajaran agama juga digunakan untuk memperkuat etika komunitas ini. Sedangkan Semitic monoteisme (agama Yahudi, Kristen dan Islam) mengutamakan Allah daripada komunitas, dan memisahkan seorang sebagai diri sendiri dari komunitas. Jadi Pemerintahan Tokugawa melarang Kristen. Tentu saja agama Buddha juga mengutamakan Kebenaran Darma daripada komunitas, tetapi ajaran sisi seperti itu ditindas. Sementara Konfusianisme sengat cocok dengan etika demi komunitas ini.
Tetapi, orang Jepang tidak mengorbankan sendiri tanpa syarat demi komunitas. Hal ini jelas terutama di dalam etos kerja orang Jepang.
● Etos kerja dan budaya kerja orang Jepang
Sesudah perang dunia kedua, perusahaan Jepang yang besar membentuk 3 sistem.
yaitu, (1). Sistem ketenagakerjaan sepanjang hidup, yakni perusahaan biasanya tidak putus hubungan kerja. (2). Sistem kenaikan gaji sejajar umur, yakni perusahaan menaikan gaji pekerjanya tergantung umur mereka. (3). Serikat pekerja yang diorganisasi menurut perusahaan, yakni, berbeda dengan pekerja yang diorganisasi menurut jenis kerja, semua pekerja sebuah perusahaan, jenis kerja apapun, diorganisasi satu serikat pekerja. Oleh ketiga sistem ini, pekerja menganggap kuat diri sendiri anggota perusahaannya dan merasa kesetiaan kepada perusahaannya. Di atas ketiga sistem ini, etos kerja dan budaya kerja orang Jepang berkembang. Kenyataannya, ketiga sistem ini dibentuk hanya di perusahaan besar, tidak ada di perusahaan kecil. Tetapi ketiga sistem ini menjadi teladan bagi perusahaan kecil juga.
Ciri-ciri etos kerja dan budaya kerja orang Jepang adalah,
1. Bekerja untuk kesenangan, bukan untuk gaji saja.
Tentu saja orang Jepang juga tidak bekerja tanpa gaji atau dengan gaji yang rendah. Tetapi kalau gajinya lumayan, orang Jepang bekerja untuk kesenangan. Jika ditanya "Seandainya anda menjadi milyuner dan tidak usah bekerja, anda berhenti bekerja ?", kebanyakan orang Jepang menjawab, "Saya tidak berhenti, terus bekerja." Bagi orang Jepang kerja itu seperti permainan yang bermain bersama dengan kawan yang akrab. Biasanya di Jepang kerja dilakukan oleh satu tim. Dia ingin berhasil dalam permainan ini, dan ingin menaikkan kemampuan diri sendiri. Dan bagi dia kawan-kawan yang saling mempercayai sangat penting. Karena permainan terlalu menarik, dia kadang-kadang lupa pulang ke rumah. Fenomena ini disebut "work holic" oleh orang asing. 2. mendewakan langganan
Memang melanggar ajaran Islam, etos kerja orang Jepang mendewakan client/langganan sebagai Tuhan. "Okyaku sama ha kamisama desu." (Langganan adalah Tuhan.) Kata itu dikenal semua orang Jepang. Kata ini sudah motto bisinis Jepang. Perusahaan Jepang berusaha mewujudkan permintaan dari langganan sedapat mungkin, dan berusaha berkembangkan hubungan erat dan panjang dengan langganan.
3. bisnis adalah perang
Orang Jepang yang di dunia bisnis menganggap bisnis sebagai perang yang melawan dengan perusahaan lain. Orang Jepang suka membaca buku ajaran Sun Tzu (孫子) untuk belajar strategis bisnis. Sun Tzu adalah sebuah buku ilmu militer Tiongkok kuno, pada abad 4 sebelum masehi. Sun Tzu itu suka dibaca oleh baik samurai dulu maupun orang bisinis sekarang. Untuk menang perang, perlu strategis dan pandangan jangka panjang. Budaya bisinis Jepang lebih mementingkan keuntungan jangka panjang. Supaya menang perang seharusnya diadakan persiapan lengkap untuk bertempur setenaga kuat. Semua orang Jepang tahu pribahasa "Hara ga hette ha ikusa ha dekinu." (Kalau lapar tidak bisa bertempur.) Oleh karena itu orang Jepang tidak akan pernah menerima kebiasaan puasa. Bagi orang Jepang, untuk bekerja harus makan dan mempersiapkan kondisi lengkap. Tentu saja di medang perang,
kedisiplinan paling penting. Dalam buku Sun Tzu untuk mengajar kedisiplinan dilakukan cara yang sangat kejam. Tetapi sekarang disiplin diajarkan di sekolah dasar. Pendidikan di sekolah sangat penting. Masuk sekolah setiap hari tidak terlambat, ikut pelajaran secara rajin, hal-hal itu dasar disiplin untuk kerja di dunia bisinis. Pada setelah Restorasi Meiji, pendidikan disiplin di sekolah dasar lebih berguna untuk berkembang kapitalisme daripada ajaran agama apapun.


Copy right: @ISHIZAWA Takeshi, Ph.D Candidate (dari Universitas Tokyo)
website:http://www.02.246.ne.jp/~semar
Read More..

Rabu, 14 Januari 2009

SMABOY Canteen Keeper



nie adalah foto Pak Jan. Sang Penjaga canteen keeper di SMABOY. Lait tuh pak jan lagi ngitung komersil yang didapat di SMABOY. Banyak juga ya...

Mau dong Pak Jan...

Plizz... bagi-bagi dong... Qt lagi kagker nih, alias kantong kering.

kata Pak Jan,"Enak aja bagi-bagi. Ini kan duit sekolah! kalo dikasih ke kalian namanya 'Korupsi' donk? trus ditangkep KPK emang kalian mau?".

Hehehe... Pak Jan emang jujur yah... Saluuut buat pak jan........ Read More..

Senin, 12 Januari 2009

Horee.....


inilah salah satu moment indah yang dimiliki kelas Qt. batalyonipa 6 menang gt lho.... 7-1. apa ga' telak tuh? pokoknya Viva for Ever deh kelas Qt tercinta. IPA 6. Read More..

Remidi oh Remidi


Nie nih.. hajatan Qta saat musim remidi tiba. Kayak PKL kena razia satpol PP. Hampir semua tak luput dari penggerebekan 'remidi'. kali ini salah satu team Qta berhasil mencuri gambar mereka-mereka yang terkena jaring remidi. Tak luput ketua suku.. eh ketua osis SMABOY SMILE.hehehe.... Photonya yang paling jelas.... ^_^ Read More..

Sabtu, 03 Januari 2009

Uban....?!?! NO WAY......!!!!

Uban alias rambut putih bagi sebagian orang cukup mengganggu. Maka ada semir rambut demi menutupi uban. Faktor usia tidak selalu terkait dengan uban ini, sebab banyak juga orang berusia belia yang sudah ubanan. Stres dan faktor genetika menjadi faktor penyebab munculnya si rambut putih atau kelabu ini. Rambut Thomas More, seorang narapidana, memutih hanya dalam tempo semalam saja saat ia menghadapi hukuman mati tahun 1535. Kisah serupa dialami Marie Antoinette dan Barbara Bush, yang kabarnya rambutnya langsung beruban gara-gara kematian bayi perempuannya.

Merokok

Setiap helai rambut mengandung keratin, sebuah protein yang tidak mampu mentransmit nutrisi. Akar rambut tersimpan dalam folikel rambut, sejenis “pabrik” rambut di kepala kita. Pertumbuhan rambut terjadi karena penambahan keratin baru. Sel-sel folikel bernama melanosit membuat melanin, yakni pigmen yang menghasilkan warna rambut. Makin kita tua, melanosit berhenti memproduksi melanin, sehingga rambut jadi kelabu atau putih. Kapan melanosit ini stop bekerja sangat tergantung pada faktor genetika, nutrisi dan tingkat stres, juga kebiasaan merokok.

Kebanyakan orang beruban dalam tempo lama, setelah sekian puluh tahun. Kepala kita terdiri atas 100.000 folikel, jadi bisa dibayangkan lama sekali proses pemutihan rambut ini. Ada juga kasus kebotakan rambut yang hanya menyerang rambut putih.

Nah, apakah Anda ingin cepat beruban? Silakan stres dan banyak merokok saja. Siapa tahu ubannya bisa sekeren

Richard Gere Pictures, Images and Photos
Richard Gere

atau

George Cloney Pictures, Images and Photos

George Cloney? Read More..

TEST BUTA WARNA

Apakah anda buta warna? Coba lihat gambar di bawah ini. Jika anda tidak bisa melihat angka yang ada di gambar ini berarti anda buta warna.


Jika anda melihat angka 2 dalam gambar ini anda masih beruntung karena anda hanya buta warna merah/hijau, seperti saya. Orang yang buta warna total tidak mampu melihat angka yang ada disitu. Orang yang normal akan melihat angka 5.

Read More..

Behind of Thunderlight

Energi petir

Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat Celcius. Suhu di dalam tanur untuk meleburkan besi adalah antara 1.050 dan 1.100 derajat Celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran petir terkecil dapat mencapai 10 kali lipatnya. Panas yang luar biasa ini berarti bahwa petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan seluruh unsur yang ada di muka bumi. Perbandingan lainnya, suhu permukaan matahari tingginya 700.000 derajat Celcius. Dengan kata lain, suhu petir adalah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.

Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 amp. Sebuah las menggunakan 250-400 amp untuk mengelas baja. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik, atau setengah kecepatan cahaya, dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suara Kilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke bumi dengan kecepatan 96.000 km/jam.

Sambaran pertama mencapai titik pertemuan atau permukaan bumi dalam waktu 20 milidetik, dan sambaran dengan arah berlawanan menuju ke awan dalam tempo 70 mikrodetik. Secara keseluruhan petir berlangsung dalam waktu hingga setengah detik. Suara gemuruh yang mengikutinya disebabkan oleh pemanasan mendadak dari udara di sekitar jalur petir. Akibatnya, udara tersebut memuai dengan kecepatan melebihi kecepatan suara, meskipun gelombang kejutnya kembali ke gelombang suara normal dalam rentang beberapa meter. Gelombang suara terbentuk mengikuti udara atmosfer dan bentuk permukaan setelahnya. Itulah alasan terjadinya guntur dan petir yang susul-menyusul.

Petir berarus listrik terbesar

Sebuah majalah ‘Intisari’ pernah mengungkapkan bahwa petir berarus listrik terbesar terdapat di Indonesia, tepatnya di daerah Depok. Penelitian yang disponsori PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei dan Juni 2002, dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), itu untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta. Tak disangka, para peneliti mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

Dengan kekuatan arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton sekalipun. Selama ini, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir – udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol – terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.

Dalam majalah Intisari edisi Desember 2000, disebutkan bahwa bumi bisa diibaratkan sebagai kapasitor. Antara lapisan ionesfer dan Bumi, jika langit cerah, ada arus listrik yang mengalir terus-menerus, dari ionosfer yang bermuatan positif ke Bumi yang bermuatan negatif. Tapi Bumi tidak terbakar, karena ada awan petir yang bermuatan listrik positif maupun negatif sebagai penyeimbang. “Yang positif turun ke Bumi, dan yang negatif naik ke ionosfer.

Ketika langit berawan, tidak semua awan adalah awan petir. Hanya awan cumulonimbus yang menghasilkan petir. Petir terjadi karena pelepasan muatan listrik dari satu awan cumulonimbus ke awan lainnya, atau dari awan langsung ke Bumi.

Saat kita merenungi semua perihal petir ini, kita akan memahami bahwa peristiwa alam ini adalah sesuatu yang menakjubkan. Bagaimana sebuah kekuatan luar biasa semacam itu muncul dari partikel bermuatan positif dan negatif, yang tak terlihat oleh mata telanjang, menunjukkan bahwa petir diciptakan dengan sengaja oleh Sang Pencipta. Lebih jauh lagi, kenyataan bahwa molekul-molekul nitrogen, yang sangat penting untuk tumbuhan, muncul dari kekuatan ini, sekali lagi membuktikan bahwa petir diciptakan khusus oleh sang pencipta.

Read More..

Selamat Mengikuti Ujian Semeter Ganjil

Ujian !!! Pictures, Images and Photos

Selamat Mengikuti Ujian Semeter Ganjil

tuk semua temen temenQ di Tulungagung,
  • Ganbatte...
  • Ciayou...
  • good luck....
  • Rawe-rawe rantas malang-malang putung....
DON'T GIVE UP

JANGAN PERNAH MENYERAH
(
dalam ujian lho... bukan dalm mencontek.... hehehe...^_^) Read More..

Rahasia Rambut

Pernahkah kita berpikir berapa banyak helai rambut yang tumbuh di kepala kita. Tanpa kita sadari rambut yang setiap kali kita elus-elus, dimanja, dan dibentuk berbagai gaya juga punya rahasia lho....

Berikut adalah data tentang rambut:

  1. Rambut manusia diperkirakan terdiri dari 100.000 sampai 200.000 helai rambut.
  2. Kecepatan pertumbuhan sehelai rambut: rata-rata 0,3 milimeter perhari
  3. Kedalaman rambut di bawah kulit kepala: 4 milimeter.
  4. Diameter sehelai rambut: 45 mikron.
  5. Dalam keadaan normal, sehelai rambut yang kering dapat diperpanjang 30%, sedang rambut basah dapat diperpanjang 50%.
  6. Jumlah rambut yang gugur setiap hari yakni 50 sampai 100 helai.
  7. Daya tahan rata-rata sehelai rambut: 100 gram.
  8. Di atas satu sentimeter persegi kulit kepala rata-rata terdapat 200 helai rambut.

Susunan Sehelai Rambut

Mengecat rambut, rebonding sebenarnya sah saja dilakukan, namun hendaknya dibarengi dengan upaya-upaya perawatan yang optimal. Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kondisi rambut agar tetap sehat, asalkan kita mengetahui seluk-beluk bagian rambut terlebih dahulu. Rambut sebenarnya merupakan struktur solid berbentuk seperti kantong yang tumbuh ke dalam kulit.

Rambut terdiri atas akar dan batang rambut. Akar rambut terletak di dalam dermis bagian tengah, batang rambut ada di atasnya. Bagian batang rambut inilah yang paling sering terkena paparan proses kimiawi, seperti coloring, rebonding, perming, dll. Bagian batang rambut terdiri atas tiga lapisan paling dalam, medula rambut, korteks, dan lapisan paling luar adalah kutikula rambut. Ketiga lapisan batang rambut inilah yang memerlukan perawatan ekstra, apalagi bila rambut telah mengalami proses kimiawi secara berkepanjangan.

Berikut susunannya :

  1. Shaft
    Yaitu rambut dipermukaan kulit
  2. Akar
    Rambut yang tertanam di bawah kulit
  3. Folikel
    Pori-pori kulit yang dilalui rambut
  4. Papila
    Ujung yang bertumbuh
  5. Medula
    Bagian tengah yang berlubang seperti selang
  6. Korteks
    Bagian utama dari rambut
  7. Kutikula
    Lapisan keras
  8. Kelenjar minyak
  9. Otot berekor
    Membuat rambut bisa berdiri
  10. Pembuluh darah
  11. Saraf
Read More..


VIDEO NIE LUUCU BANGET... Read More..

Si buah pedas…

Cabai atau cabe merah atau lombok (bahasa Jawa) adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" kesepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A dan C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur).

Cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar. Tanaman cabe cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang serta tidak tergenang air ; pH tanah yang ideal sekitar 5 - 6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret – April).

Bentuk dan asal cabai

Cabai berasal dari Amerika tropis, tersebar mulai dari Meksiko sampai bagian utara Amerika Selatan. Di Indonesia, umumnya cabal dibudidayakan di daerah pantai sampai pegunungan, hanya kadang-kadang menjadi liar. Perdu tegak, tinggi 1-2,5 m, setahun atau menahun. Batang berkayu, berbuku-buku, percabangan lebar, penampang bersegi, batang muda berambut halus berwarna hijau. Daun tunggal, bertangkai (panjangnya 0,5-2,5 cm), letak tersebar.

Helaian daun bentuknya bulat telur sampai elips, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata, peutulangan menyirip, panjang 1,5-12 cm, lebar 1-5 cm, berwarna hijau. Bunga tunggal, berbentuk bintang, berwarna putih, keluar dari ketiak daun. Buahnya buah buni berbentuk kerucut memanjang, lurus atau bengkok, meruncing pada bagian ujungnya, menggantung, permukaan licin mengilap, diameter 1-2 cm, panjang 4-17 cm, beutangkai pendek, rasanya pedas.

Buah muda berwarna hijau tua, setelah masak menjadi merah cerah. Biji yang masih muda berwarna kuning, setelah tua menjadi cokelat, berbentuk pipih, berdiameter sekitar 4 mm. Rasa buahnya yang pedas dapat mengeluarkan air mata orang yang menciumnya, tetapi orang tetap membutuhkannya untuk menambah nafsu makan. Keanekaragaman jenis cabai merah cukup tinggi. Artinya, cabal merah memiliki beberapa varietas dan kultivar yang dibedakan berdasai-kan bentuk, ukuran, rasa pedas, dan warna buahnya. Cabal merah dapat diperbanyak dengan biji.

Jenis-jenis cabai

Cabai merah gendut

Garis tengah buah cabe jenis ini kira-kira 1-2 cm dengan panjang 8-12 cm. Permukaannya licin dan mengkilat. Bijinya tidak terlalu padat dan mengandung banyak air.

Cabai merah ramping

Ukurannya sedikit lebih kurus dari cabai merah gendut. Kulit permukaannya agak bergelombang baik yang masih hijau atau sudah merah. Cabe jenis ini lebih pedas dan kandungan airnya tidak banyak.

Cabai keriting

Jenis cabai ini lebih pedas dari cabe merah gendut dan ramping. Ukuran panjangnya 7-10 cm. Bijinya sangat padat sehingga rasa pedasnya sangat menyengat.

Cabai hijau

Sebelum matang dan warnanya menjadi merah, cabai yang belum cukup umur berwarna hijau gelap. Cabai hijau mengandung rasa pedas. Cabai hijau terkenal di restoran-restoran padang.

Cabai rawit

Sesuai dengan namanya, jenis cabai ini berukuran mungil dan tentunya pedas sekali. Sebaiknya dipilih yang tua jika ingin membuat sambal.

Nilai ekonomis cabe

Untuk memperoleh harga cabe yang tinggi, bisa juga dilakukan pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun ada resiko kegagalan. Tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang ditanam dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit . Buah cabe yang telah diseleksi untuk bibit dijemur hingga kering. Kalau panasnya cukup dalam lima hari telah kering kemudian baru diambil bijinya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabe (300-500 gr biji). Sumber : iptek.net.id

Read More..


Bulan desember lalu anak-anak XI IPA 6 di SMABOY Tulungagung pada kelabakan bikin her ujian kimia yang tak kunjung akhir
(meskipun ga semue-muenya juga red). N' Salah satunya kita juga buat. (Bukan karena bego, tapi karena anaknya kurang disiplin dalam belajar.Hehehe... namanya juga belajar... her juga salah satu dari bagian pembelajaran. BETUL GA?red)

So... jadi kita sama Pak Mul_guru kimia tercinta QT_disuruh buat power poin tentang bab Yang dibuat her yaitu Laju Reaksi

kalo temen-temen mo liat hasil karya masterpiece salah satu temen Qt di IPA 6 bisa di unduh di sini buat reverensi aja. syukur kalo bisa buat belajar ^_^ Read More..

Facebook Badge