Welcome to my blog, semoga kamu mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari blog ini. Amin..hope you enjoy reading..
RSS

sekolahku

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Kamis, 15 Januari 2009

Kaomoji: buatan kreatif kebudayaan komputer Jepang

Di Jepang komputer sudah tersebar kepada hampir semua perusahaan dan 30% lebih rumah. Sekarang pengguna internet juga kira-kira 15 juta lebih orang ( penduduk Jepang sejumlahnya 120 juta jiwa ). Sebelum internet tersebar, komputer sudah dipakai untuk komunikasi. Dari akhir 1980-an, mulai sudah dipakai e-mail dan BBS, tetapi website belum dipakai untuk masyarakat umum. Pada saat itu komunikasi komputer terbatas antara langganan provider yang sama. Yaitu, langganan provider A bisa tukar-menukar e-mail dengan langganan lain provider A saja, tidak bisa mengirim/menerima e-mail untuk/dari langganan provider B. Langganan provider A mengisi/membaca BBS provider A saja, tidak bisa mengisi/membaca BBS provider lain.
Saat itu dibuat "kaomoji"dalam kalangan komunikasi komputer di Jepang. "Kao" artinya muka, wajah. "Moji " artinya aksara, huruf. Kaomoji ini sejenis "face mark", seperti =-( atau :-P atau :-).
Face mark ini buatan Amerika. Kaomoji buatan Jepang, menurut saya lebih baik daripada face mark Amerika. Karena face mark dibaringkan, susah untuk melihat. Tetapi kaomoji Jepang lurus normal saja.
Kaomoji Jepang mungkin lebih banyak daripada face mark Amerika. Misalnya: (Fontnya jangan pakai "bold". Lebih baik "Gothic" atau "Sans Serif". )
(^-^) (^_^) ( n_n )(senyum) (^0^) (^O^) (tertawa) (*_*) (@_@) (kaget)
(T_T) (i _ i) (nangis) (>_<) (aduh, sakit) (^_-) (wink) (u_u) (tidur)
m(_ _)m (mohon maaf. Tanda ini berarti bungkuk)
(^_^)/~ (selamat jalan) tanda ini /~ berarti melambai sapu tangan)
Masih ada banyak. Tetapi kebanyakannya dipakai font khusus untuk bahasa Jepang, jadi tidak punya font bahasa Jepang tidak bisa lihat. Kenapa berkembang begitu kaomoji di Jepang ? Sebabnya, di Jepang sangat berkembang komik ( dalam bahasa Jepang, "manga"). Sejak dulu dalam komik Jepang, perasaan digambarkan oleh tanda. Terutama komik lucu (seperti Doraemon) digambarkan dengan garis sederhana, sering dipakai tanda. Oleh karena itu tanda yang dipakai untuk mengambarkan perasaan sudah menjadi tradisi Jepang.
Sekarang saya juga bikin kaomoji baru.
d(^_^) (acungan jempol ) y(^_^) ( V sign )

0 komentar:

Posting Komentar


Facebook Badge